Tips Menyembunyikan Tombol Menu Redmi Note 7 / Pro

Hampir semua tipe Smartphone Android Xiaomi yang tidak memiiki tombol fisik navigasi menu ditampilkan pada layar di bagian bawah. Tidak terkecuali dengan tipe Redmi Note 7 atau seri 7 Pro, dimana ketiga tombol dengan ikon segitiga, kotak dan lingkaran disisipkan di bilah bawah layar sehingga mudah untuk digunakan meski pengguna awam sekalipun.

sembunyikan tombol menu xiaomi redmi

Namun bagi beberapa pengguna smartphone layar penuh tanpa tombol fisik navigasi seperti Redmi Note 7 atau sejenisnya, adanya tampilan ikon tombol mengambang di bagian bawah terasa tidak efektif dan kurang menarik. Oleh sebab itu banyak yang menginginkan ketiga tombol menu navigasi itu disembunyikan (dihilangkan) dan diganti dengan fungsi gerakan atau usapan layar (fitur gesture).

Untunglah di menu settingan Redmi Note sudah ada setelan untuk menyembunyikan maupun menampilkan tombol navigasi, sehingga untuk penggunanya yang tidak mau ikon tombol tampil di layar, bisa menghilangkannya dan diganti fungsi usapan jari pada layar.

Baca:   Cara Cek ROM MIUI Xiaomi ilegal atau resmi

Baca juga: Cara Setting internet SIM 1 dan SIM 2 Redmi Note 7

Seperti diketahui, pada settingan default bawaan pabrikan, tombol navigasi yang tampil di layar ada tiga dengan fungsi masing-masing, seperti ikon segitiga fungsinya untuk kembali, ikon lingkaran untuk kembali ke beranda (home) serta tanda segiempat berfungsi menampilkan recent app atau daftar aplikasi yang sebelumnya sudah pernah dibuka.

Cara Sembunyikan Menu Navigasi Redmi Note 7 / Pro

1. Pertama buka menu Setelan dan masuk ke opsi “Tampilan layar penuh

2. Kemudian pilih “Gerakan layar penuh“, dimana ada contoh gambar bergeraknya di halaman tersebut.

3. Setelah memilih opsi gerakan layar penuh, akan muncul pemberitahuan apakah anda ingin melihat contoh gerakan usapan di layar atau tidak, anda bisa melewatinya atau menontonnya bila diperlukan.

4. Bila sudah, silahkan geser layarnya ke bawah dan ada 5 tipe gerakan untuk menggantikan fungsi ketiga tombol navigasi tersebut diantaranya:

Menghilangkan tombol menu xiaomi
  1. Untuk kembali ke beranda atau layar utama anda cukup mengusap layar dengan satu jari dari tengah bawah ke atas, fungs ini menggantikan tombol ikon lingkaran.
  2. Untuk fungsi tombol kembali, usap dengan satu jari dari sisi kanan atau kiri layar ke tengah.
  3. Untuk melihat recent apps atau melihat aplikasi yang baru saja terbuka (menggantikan tombol segiempat), cukup geser layar dari bawah ke atas dan tahan beberapa saat.
Baca:   Cara aktifkan fitur PIP di Xiaomi MI A1

Lalu bagaimana cara menampilkan kembali tombol menu navigasi Redmi Note 7 supaya kembali seperti bawaan ponsel ?, tentu caranya sama seperti tips diatas, cukup kembalikan setelan ke pilihan “tombol” pada opsi “Tampilan layar penuh”. Selamat mencoba!